BREAKING NEWS

Thursday, August 7, 2014

Manfaat Besar dari Si Oranye

 http://cdn.klimg.com/merdeka.com/resized/670x670/i/w/news/2013/11/09/275384/996x498/ternyata-wortel-ampuh-untuk-jaga-kesehatan-lever.jpg

Twenty Plus - Bagi Sobat T-Plus, siapa sih yang tak mengenal wortel? Si Mungil berwarna oranye ini sering kita jumpai di pasar atau swalayan. Dikehidupan sehari-hari pun seringkali dibuat sayur atau jus. Bagi pecinta wortel, rasa wortel begitu manis dan khas. Tapi ada loh sebagian Sobat T-Plus yang tidak menyukai wortel karena menganggap rasanya yang langu. Padahal perlu Sobat T-Plus ketahui, bahwa wortel kaya akan vitamin. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C. Serta kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan terakhir sodium. Berikut manfaat Si Oranye bagi kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

1. Untuk Kesehatan Mata
Seperti yang Sobat T-Plus ketahui, jika wortel mengandung betakaroten (vitamin A) yang sangat penting untuk mata. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degerenasi makula yang kerap menimpa para lansia. 

2. Kolestrol
Beberapa penelitian yang sudah dilakukan, salah satunya penelitian yang dilakukan Harvard University AS mengatakan, mereka yang mengonsumsi wortel selama kurang lebih 5 X seminggu berpotensi besar menurunkan kolestrol sampai 68 %. 

3. Sembelit
Serat yang terkandung di dalam wortel menaikkan volume feses sampai 25 %. 

4. Kanker
Seperti yang dikutip dari  wikipedia.org menyebutkan bahwa  Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.

Manfaat wortel Bagi Kecantikan

* Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah
Kandungan dalam wortel, dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya: Haluskan wortel yang telah dibersihkan terlebih dahulu, campur dengan sedikit madu dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

 Image by klimg.com

Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 Twenty Plus Magazine. Designed by OddThemes