BREAKING NEWS

Tuesday, September 30, 2014

Waspadai Perkenalan Lewat Jejaring Sosial




Twenty Plus - Sobat T-Plus tentunya sudah seringkali mendengar penculikan dan pembunuhan yang berawal dari dunia maya. Di mana pelaku menggunakan modus untuk berkenalan dan mengajak bertemu secara langsung. Untuk itu perlunya mewaspadai setiap orang yang mengajak berkenalan lewat media sosial. Bukan berarti lantas kita menolak untuk berkenalan dengan mereka. Tapi alangkah baiknya setiap apa yang kita lakukan untuk memberi tahu keluarga di rumah. Khususnya bagi Sobat T-Plus yang masih berusia remaja. Jangan sembunyi-sembunyi jika hendak bertemu dengan seseorang apalagi yang identitasnya hanya kita ketahui lewat jejaring sosial. Seringkali karena terlalu percaya dengan rekan facebook kita tak pernah berfikir panjang ketika hendak bertindak. Khususnya bagi Sobat T-Plus yang wanita. Ada beberapa alasan kenapa kebanyakan dari mereka yang menjadi korban begitu percaya dengan teman dunia maya walau tidak pernah bertemu, diantaranya:

* Rasa Nyaman
Sebagian besar dari mereka mempunyai permasalahan dalam pertemanan dunia nyata sehingga memilih lari dan percaya dengan teman yang hanya dikenal lewat jejaring sosial. Mereka merasa nyaman dan merasa diakui.

* Menjadi Pribadi Yang Lain
Kebanyakan remaja ketika muncul di dunia maya menjelma menjadi pribadi yang baru. Menjadi pribadi yang mungkin tak bisa mereka lakukan di dunia nyata, sehingga kepura-puraan itu justru berakibat buruk baginya. Sesuatu yang harusnya dia tolak, tapi karena dia menjelma menjadi pribadi yang bukan dirinya, sehingga hanya mengiyakan saja. Dan hanya teman-teman di dunia maya yang menerima pribadinya yang baru.

* Bebas Berekspresi
Tak jarang terjadi perang lewat media sosial dikarenakan banyak yang tak mampu menjaga status-status mereka. Merasa "rumah" sendiri sehingga merasa bebas mengungkapkan perasaan tanpa peduli apakah statusnya menyakiti orang lain atau tidak. Dan para korban umumnya mudah menerima rasa simpati orang lain yang berpihak padanya, yang berusaha mengerti dirinya dan membela dirinya.

Perlunya kehati-hatian khususnya remaja putri dalam menghadapi teman baru khususnya lawan jenis. Jangan mudah percaya ajakan, bujukan dan rayuan yang kerap datang menghampiri adalah kunci keselamatan diri. Dan yang terpenting, libatkanlah keluarga dalam kehidupan kalian, jangan merasa sudah dewasa sehingga kita menganggap keluarga tak perlu tahu apa yang kita lakukan. Karena dengan tetap menjaga komunikasi dengan keluarga, keselamatan diri lebih terjamin. Semoga Bermanfaat :)

Image by elgrandepics.com



Share this:

Post a Comment

 
Back To Top
Copyright © 2014 Twenty Plus Magazine. Designed by OddThemes